IMG00060-20120907-0821.jpg

Tips Untuk Pria-Wanita-Ibu Hamil Naik KRL / Kereta Jabodetabek

Sebagai salah seorang pelanggan KRL, saya ingin share beberapa tips untuk naik kereta commuter line maupun ekonomi.
Biasanya saya naik KRL dari stasiun Depok Lama ke stasiun Karet untuk berangkat kerja setiap hari, kemudian pulang lagi dari stasiun Karet ke Depok Lama. Kadang pulang dari stasiun Manggarai supaya lebih cepat.

Simak tips2 berikut ini:

  1. Pilihlah gerbong bagian depan/belakang. Tergantung pintu keluar kamu di stasiun tujuan di sebelah mana. Guna menghindari waktu yg terbuang hanya untuk jalan keluar menyusuri stasiun. Untuk wanita/ibu hamil, saya sarankan menggunakan gerbong khusus wanita kalau naik kereta commuter line. Seramai apapun gerbongnya, masih lebih ramai gerbong umum.
  2. Ibu hamil wajib meminta kepada petugas untuk minta tolong dicarikan kursi. Jangan takut/malu-malu. Kalau di gerbong umum, minta kursi sama bapak2 yg lg duduk, biasanya sih dikasih. Tapi katanya (saya blm pernah ngalamin) kalau di gerbong wanita, lebih sulit utk minta tukeran duduk ke penumpang lain, mentang2 sama2 wanita kali ya :D. Dengan petugas yg meminta tempat duduk, kt akan menghemat waktu dan emosi utk merayu penumpang tersebut.
  3. Bawalah buku bacaan/smartphone untuk menghabiskan waktu di dlm kereta, jangan lupa dengarkan musik dari mp3 player kamu. Asal tetap waspada, jangan sampai lokasi tujuan terlewat.
  4. Apabila masuk kereta berebutan dan tidak dapat tempat duduk, berjuanglah meraih hotspot berikutnya yaitu bagian samping pintu. Di bagian situ kamu tidak perlu pegangan, cukup senderan saja. Menghemat tenaga dan bisa lebih nyaman utk baca buku.
  5. Jangan pernah taruh tas di belakang. Apabila menggunakan ransel, taruhlah ransel di depan dada. Dengan demikian kita dapat terus mengawasi tas kita agar tidak kecolongan.
  6. Jangan taruh dompet/hp di kantong celana. Masukkan dompet dan hp Anda ke dalam tas. Kalaupun kamu ingin main hp, peganglah hp tersebut di depan.
  7. Kalau kamu bawa tas berat, jgn malu-malu untuk taruh tasnya di rak atas. Tapi harus tetap waspada dan mengawasi. Kalau mau aman, kamu pegang aja bagian lengan dari ransel kamu.
  8. Kalau kamu kebagian berdiri di tengah, gak bisa senderan, berlatihlah untuk jaga keseimbangan. Kaki dibentuk kuda2, supaya seimbang dan ga perlu pegangan. Dengan demikian kamu ga perlu angkat tangan untuk pegangan, habisin tenaga dan harus rebutan tempat pegangan. Apalagi kalau kamu lupa pake deodoran, ih..
  9. Mendekati stasiun yg bnyk kantor di sekitarnya, seperti Cawang, Tebet, Manggarai, Sudirman, dll, kalau kamu belum mau keluar, mulai menyelinaplah ke bagian tengah kereta. Jangan di pinggir pintu kalau kamu ga mau terseret keluar oleh gelombang manusia.
  10. Jangan malu-malu untuk bertanya ini stasiun apa kepada penumpang lain. Jangan lupa bilang terima kasih juga kalau sudah diberitahu. Malu bertanya, salah turun stasiun. Kalau belum hafal urutan stasiun, kamu juga bisa menghitung jumlah stasiun yg akan dilewati, jadi setiap pintu terbuka, kamu tinggal countdown deh..
  11. Dalam posisi terjepit dan tidak bisa bergerak, jangan buang tenaga untuk meronta-ronta, apalagi ngedumel2 sendiri. Bikin suasana hati sekeliling jadi panas aja. Cukup tenang dan senderan saja sama orang lain, toh didorong juga percuma. Lumayan jadi ga cape berdiri. Pakailah ransel di depan sehingga waktu senderan, badan depan kamu ga bersentuhan dengan orang lain. Kalau ga pake ransel sih, males banget nemplok di badan orang, apalagi kalau orgnya beraroma gitu deh.. Untuk wanita, saya sangat himbau lagi untuk masuk gerbong khusus wanita.
  12. Jangan melamun di kereta. Habiskan waktu untuk baca buku, atau ngobrol dgn orang. Lumayan kalau setiap hari selama 2 jam (pulang pergi) kamu selalu baca buku, sudah berapa buku yg bisa kamu lahap. Tambah pengetahuan dan buat yg masih single, baca buku di depan umum membuat kamu jd keliatan cool loh :D.
  13. Kalau kamu turun di stasiun terakhir, kamu bisa jalan dulu sampai ujung kereta di dalam gerbong, sebelum kamu melangkahkan kaki keluar. Dengan demikian kamu bisa lebih cepat berjalan daripada antri di luar. Siap2 buru2 keluar kalau pintu mau tertutup lagi.
  14. Jangan bergelantungan di pinggir atau di atas kereta. Sayang nyawa bos. Ingat istri dan anak kamu masih menunggu di rumah. Buat yg belum nikah, ingat kamu belum ngerasain enaknya punya istri dan anak.
  15. Jangan emosi di dalam kereta. Sadarlah bahwa semua pengguna kereta juga sama2 tidak nyaman waktu berdesak2an dan segala senggolan yg terjadi, pastinya ga sengaja.

Demikian tips dan saran2 dari saya. Mudah2an perjalanan kereta kamu jadi lebih menyenangkan dan lebih bermartabat.

Ronald Kang

husband of the most beautiful woman on the planet and father of wonderful two toddlers