Perpanjang SIM di Pelayanan SIM Keliling

This post has already been read 3659 times!

Tanggal 30 kemarin saya cukup menghabiskan waktu saya untuk memperpanjang SIM. Dari Rehabeam, saya mendengar bahwa perpanjang SIM di mobil samsat keliling lebih cepat, mudah, dan tanpa calo. Wah, kemajuan nih sistem pelayanan polisi di Indonesia.

Meskipun sudah pernah mendengar dari dulu2, namun cukup senang juga setelah mengetahui dari seorang saksi nyata bahwa pelayanan polisi yang satu ini cukup profesional. Tidak mengemis2 minta uang. Biasanya ada saja yang bukannya melayani masyarakat malah memeras masyarakat.

Di hari sebelumnya saya sudah mencari2 jadwal pelayanan SIM keliling ini ada di mana. Berhubung teman saya lupa nomor teleponnya, maka saya bertanya sama om Google dan dapatlah 2 cara untuk dapat mengetahui jadwal dan lokasi SIM keliling yaitu:

  • SMS ke 1717 dan tulis saja, lokasi sim keliling
  • Telepon ke 021-5276001 (saya telepon selalu sibuk)

Saya meng-sms ke 1717 pada sore hari dan saat itu terus dibalas dengan pesan error. Lalu berusaha mencari2 diskusi orang2 mengenai SIM keliling ini, akhirnya dapatlah jadwal SIM keliling di http://www.jakarta.go.id/samob/jadwal.htm

Ternyata tidak up-to-date. Ya sudah besok saja deh saya sms lagi. Keesokan paginya saya sms ke 1717 dan mereka balas, untuk jakarta barat ada di depan carrefour puri kembangan. Wah kebetulan sekali, dekat :D

Jam 9 saya pergi dengan ibu saya (kebetulan dia juga mau perpanjang SIM). Sampai di sana, terlihat ada mobil putih besar dan banyak sekali motor2 dan mobil parkir di sekitarnya. Nah ini dia nih, pasti ini mobil yang jadi pembicaraan sejagat maya.

Setelah parkir saya datang ke kumpulan orang yang sedang bergerombol, kira2 30 orang. Ada beberapa yang sedang menulis formulir. Wah prosedurnya bagaimana sih ini, kok tidak jelas. Akhirnya saya ke bagian belakang mobil, ada orang yang melayani fotokopi. Saya tanya sama dia, “ini prosedurnya gimana pak”. Lalu dia menjelaskan prosedur perpanjangan SIM yang dapat saya rangkum seperti ini:

  1. Tunggu sampai ada petugas yang keluar dari mobil, dan serahkan fotokopi KTP, fotokopi SIM, dan SIM asli
  2. Setelah beberapa saat, petugas yang sama akan keluar lagi dan memberikan formulir yang harus diisi, beserta fotokopi KTP dan fotokopi SIM kita yang sudah di-staples
  3. Isi dengan lengkap formulirnya, lalu letakkan di tempat yang telah disediakan. Nanti petugas yang sama akan mengambilnya setelah beberapa saat
  4. Tunggu beberapa saat (tergantung banyaknya antrian), nanti Anda akan dipanggil ke dalam mobil untuk foto, dan melakukan pembayaran
  5. Setelah foto, 5 menit kemudian Anda akan dipanggil dan SIM baru sudah jadi. Anda sudah bisa langsung pulang

Setelah selesai menjelaskan, Bapak tersebut bilang, “Mau saya bantu?” Oalah, Pak, hari gene masih ngucapin kalimat yang basi karena diulang2 terus sama teman2 Bapak. “Mau saya bantu?” setiap kali dengar pertanyaan tersebut pasti saya langsung dongkol. “Gak usah pak, saya masukin sendiri”.

Lalu setelah dijelaskan, ternyata fotokopi di sana 1 lembarnya Rp 2000. Waduh, untung saya sudah fotokopi duluan sebelum datang. Jadi pastikan Anda sudah fotokopi KTP dan SIM Anda sebelum datang. Kalau tidak ongkos fotokopinya bakal naik beribu2 persen.

Saya berikan fotokopi dan SIM asli ke petugas lalu menunggu sebentar. Setelah beberapa saat, petugas tersebut mengembalikan berkas2 tersebut beserta formulir saya. Sudah di-staples formulir dengan fotokopiannya. Tiba2 saya sadar bahwa fotokopian saya kok bukan punya saya. Waduh di antara puluhan orang begitu masa saya harus cari2 punya saya ketuker di mana. Untung saja saya sudah punya fotokopi lebih. Heheh, kasian de lo pak, saya tetep gak fotokopi di sana. Saya sudah berjaga2 kalau ada kasus yang mengharuskan saya fotokopi di sana dengan harga 2000 perak. Lumayan kan 2000 bisa dapet teh botol.

Setelah melengkapi formulir dan mengembalikannya pada bapak petugas, saya menunggu di depan mobil tersebut bersama puluhan orang lainnya. Masa2 menunggu ini lamaa sekali. Tempat duduk juga cuma sedikit. Kira2 1 jam lebih saya berdiri dan menunggu. Sambil mengintip2 ke dalam mobil terlihat petugasnya sedang memasukkan data formulir ke dalam komputer. Satu persatu diketik dan sering sekali saya melihat window error muncul di layarnya. Duh, bakal lama nih pikirku :( mana komputernya cuma 1 lagi

Sambil berdoa mudah2an punya saya tidak salah ketik, akhirnya saya dipanggil masuk. Di dalam hanya disuruh foto. Pencahayaannya jelek sekali, dan saya tidak tahu kameranya sudah siap atau belum. Jelek sekali mimik wajah saya waktu difoto. Haha.. nasib selama 5 tahun harus punya SIM yang kayak gini. Setelah foto langsung disuruh bayar. Satu sim Rp 100.000. Karena saya perpanjang 2 SIM maka saya bayar Rp 200.000. Setelah bayar, saya langsung keluar.

Tidak sampai 5 menit, saya sudah dipanggil lagi dan SIM sudah jadi. Hore. Akhirnya pekerjaan 5 tahun sekali ini lewat juga. Kali ini saya cukup salut dengan pelayanan SIM keliling yang tanpa calo dan tanpa memeras. Ini baru namanya melayani masyarakat :D

Ini semua yang harus disiapkan:

  • SIM asli dan 1 fotokopian (siapkan 1 fotokopian cadangan). Informasi bahwa SIM dan KTP nya harus Jakarta, dan tidak boleh kadaluarsa lebih dari 1 bulan
  • fotokopi KTP
  • kalau bisa, datang jam 8 pagi supaya masih sepi
  • makan dulu, soalnya harus menunggu sambil berdiri cukup lama
  • Gaston

    Thanks ya informasinya.
    Jadi bisa siap2 dulu.

  • http://papahnotes.blogspot.com Gamma

    Harusnya biaya cuma 85ribu tuh… 15ribu buat apa coba tebak??

  • Gunawan

    Yang 15ribu buat ngopi om..he..he..

  • jemmy

    terimakasih ya informasinya.
    buat persiapan..

  • http://ningrate.wordpress.com Indra

    Wahh makasih infony,,,, saya hr ini mau perpanjang sim c…jd udah ada persiapan…

    Salam,

    indra
    ningrate.wordpress.com

  • cipit

    makasi bgt buat infonya!! JBU!!

  • http://didepok.com Didepok.com

    Info tembahan seputar layanan SIM keliling di Depok

    Mobil SIM Keliling